Welcome to Friska's Blog….

Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (dengan perantara lain seperti handuk, gelas dll).

PBB telah mencanangkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia. Indonesia merupakan salah satu Negara yang akan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

Mengapa harus mencuci tangan dengan sabun????? Kenapa ga cukup cuci tangan pakai air aja?? Kan lebih praktis.. Jawabannya adalah karena mencuci tangan dengan sabun terbukti efektif, penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya.

Untuk mencuci tangan dengan sabun yang baik dan sehat membutuhkan beberapa peralatan sebagai berikut di bawah ini :
1. Sabun / antiseptik
2. Air bersih (air mengalir)
3. Lap / tisu kering bersih

Basahi sampai bersih dan rata tangan kita dengan air bersih yang mengalir.

Sabuni telapak tangan kita sampai berbusa secukupnya dengan sabun batang / cair yang dapat membunuh kuman.

Kemudian lakukan 7 langkah berikut:

1.      Gosokan/usapkan kedua telapak tangan sampai rata

2.      Usap kedua punggung tangan sampai merata

3.      Usap sela jari-jari tangan

4.      Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci, kemudian gosokan

5.      Gosok jempol kanan dengan cara memutar, kemudian lanjutkan dengan jempol kiri

6.      Gosokan ujung kuku pada telapak tangan secara bergantian

7.      Terakhir, menggosok kedua pergelangan tangan dengan cara diputar dengan telapak tangan bergantian setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih dan mengalir, lalu keringkan.

^^,)  jika mematikan keran air sebaiknya memakai handuk bersih atau tisu kering. Tetapi jika ga tersedia, coba mematikan keran dengan siku. Memang agak susah sih, tapi kalau ga percuma donk cuci tangan 7 langkah tadi. Masa tangan yang udah bersih megang keran lagi, yah pastinya kotor lagi donk tangannya yang udah steril tadi…

Mencuci tangan terutama pada saat…

Gimana????? Mudahkan cuci tangan 7 langkah…

Cuma perlu waktu sekitar 20 detik aja kok..hehe

Selamat mencoba… ^^,)

 

About these ads

Comments on: "MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN" (22)

  1. betul,,,,betul….betulll…tambah ‘N’DUT aja JENG

  2. wah.. ini juga dah kurusan mas..hehehe
    dmn skrng?? aku lg d ampah naaa

  3. same wae mbak….unda juga dikampoeng kelahiran…lg liboer juga…

  4. mba, main ketempat saya mba..
    oh iya, saya biasanya cuci tangan dengan sabun colek, soalnya tangan saya kotor banget bekas oli..

    ada tips ga?

    • Menurut sumber yg q dpt..Segala jenis sabun dpt digunakan utk mencuci tngan baik itu sabun (mandi) biasa, sabun antiseptik, ataupun sabun cair. Tp sabun antiseptik lbh bnyk dpromosikn. Pe skrng ga da penelitian yg dpt membuktikan jka sabun antiseptik atau disinfektan dpt m’buat org rentan pd organisme umum yg da di alam.
      Tp sbun antiseptik bnyk biasax mngndung anti bkteri umum spt triklosan..

  5. nice tips…cuci tangan dulu ah :D

  6. oke….boleh di coba ! he3 ,,,,,,,, Lam Kenal AlL ! :D

  7. tips yg baguus n bermanfaat niehh hee
    mau cuci tangan pkee sabuun dluu ah hee

  8. heee.. jgn lupa cuci tangan pake sabun

  9. Btul t Fris,,salam kenal & salam perblogan,,kunjung balik ya,,

  10. Cuci tangan juga ada tata caranya toh??, ..aku suka artikel ini, sangat berguna..salam kenal buat yang punya blog

  11. lama gak mampir kesini eh ternyata tampilannya udah ‘wow’…hehehehe
    kangen kamu fris..

  12. okeh,,okeh,,
    kita memang perlu cuci-cuci,,,haaa

  13. kalo gak ada tangannya apaan yang dicuci nih?hehe

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: