Welcome to Friska's Blog….

Asyiknya PPS Poltekkes 2010

Terik matahari sore itu tidak menyurutkan semangat saya untuk mengikuti pra PPS (Pengenalan Program Studi) di kampus Poltekkes Kemenkes Palangka Raya. Hari itu (Senin, 26 Juli 2010) merupakan hari pertama mengikuti pra PPS, kami hanya mendengarkan pengarahan dari dosen dan juga pembagian kelompok untuk PPS. Pra PPS hanya berlangsung selama dua hari (26-27 Juli 2010).

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu tiba. Pada pagi Rabu, 28 Juli 2010 diadakan upacara pembukaan PPS di halaman kampus Gizi Poltekkes Kemenkes palangka Raya.  Kegiatan PPS 2010 resmi dibuka olah Ibu Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya yaitu Ibu Santhy K. Samuel, S.Pd, M.Kes. Kegiatan PPS ini berlangsung selama tiga hari (28-30 Juli 2010).

Pada saat upacara kami calon mahasiswa dan mahasiswi mengenakan pakaian yang rapi, kemeja putih, celana panjang hitam , dasi hitam dan yang perempuan rambut dicepol rapi. Pada saat penyampaian materi oleh pembicara penampilan kami pun tetap dalam keadaan seperti saat upacara. Tetapi, setelah itu kami kembali ke penampilan awal, mengenakan topi purun yang dicat sesuai warna jurusan dengan balon diatasnya, menggunakan papan nama yang berisi nama jelek(nama asli), nama cantik(nama gelar) dan nama kelompok, memakai tas dari karung beras 10kg dan juga mengenakan kaos kaki bola warna putih sepanjang lulut yang dikenakan diluar celana. Sungguh penampilan yang sangat jelek..hehehehe…. Anggota kelompok saya juga dituntut untuk memakai sampul buku dari sebuk kayu.. sungguh sulit menempel serpihan kayu di atas buku…

Hari pertama masih ada toleransi dari kakak Panitia jika kami ada melakukan kesalahan, tetapi pada hari kedua semua tidak ada toleransi lagi.

Ternyata pada hari kedua saya terlambat 30 menit, padahal saya datang jam 04.30 WIB, tapi pada panitia ternyata sudah jam 06.30 WIB. Saya tidak tahu kalau ternyata panitia sesuka hati mengubah-ngubah jam mereka… huuuuhf,,, saya akhirnya dimarahi oleh panitia,, mereka membentak-bentak dengan suara yang nyaring sekali… wajah mereka sangar sekali…tidak ada raut wajah yang ramah… Untung saja saya sudah terbiasa dibentak oleh kakak tingkat,, karena pada waktu SMA saya mengikuti Pramuka. Itu semua menjadi pengalaman saya agar mental saya jadi kuat.

Pada hari kedua saya tidak hanya dimarahi karena terlambat, tetapi juga karena saya ketahuan memakai handbody …hehehe… Saya lupa bahwa ada peraturan dari panitia kalau tidak boleh memakai alat make up dan sejenisnya… Dan ada satu peraturan yang menurut saya paling aneh, yaitu peserta tidak boleh lebih cantik atau lebih ganteng dari kakak panitia. Sungguh aneh peraturan itu..hehehe…

Hari kedua berlalu, sampailah pada hari ketiga hari terakhir. Saya sudah tidak sabar menanti hari terakhir, hari kebebasan… Tapi ternyata hari terakhir tidak semudah yang dibayangkan, kakak panitia semakin menunjukkan taringnya. Salah sedikit saja kami langsung dimarahi habis-habisan dan diancam tidak akan lulus PPS jika sering membuat panitia marah dan harus mengulang PPS tahun depan lagi.

Hari terakhir juga merupakan hari yang penuh dengan tugas, jika tidak dilaksanakan yah terpaksa harus berhadapan dengan panitia yang semakin galak. Bahkan ada beberapa orang peserta yang sampai menangis karena tidak terbiasa dibentak.. Tapi saya sih ngga nangis tuh..hehehe… Udah biasa sih dibentak gitu.

Setelah penutupan oleh Direktur, acara dilanjutkan oleh panitia dari BEM.  Sungguh akhir yang menegangkan, karena ternyata panitia membuat sebuah drama yang tidak diduga-duga sebelumnya. Mereka berpura-pura berkelahi, bahkan sampai ada yang pura-pura pingsan karena tidak terima dimarahi Dosen karena memberikan tugas yang terlalu berat bagi kami. Dan kata panitia ada beberapa orang dari kami yang melapor ke Direktur, sehingga mereka dimarahi. Suasana sangat tegang,, sampai ada beberapa orang peserta yang pingsan karena takut melihat panitia berkelahi… Hingga akhirnya…. Drama berakhir dengan nyanyian “selamat ulang tahun”. Ternyata kakak ketua panitia yang berulang tahun…. Huuuhf… sungguh akhir yang menegangkan…

Acara ditutup dengan api unggun… Sungguh PPS yang sangat berkesan dan takkan terlupakan…

Comments on: "Asyiknya PPS Poltekkes 2010" (15)

  1. iyaaa… kalau di kampus kami namanya PPS,, sama aja kaya ospek

  2. Kayak MOS ya….

  3. asyinya,…kalau yang biasa pramuka pasti kegiatan ini menyenangkan

  4. woihh.. asyikk tuh, attributnya hampir persis kayak di STIKES MUHAMMADIYAH BJM, hanya wajib pakaian muslim tambahannya. tapi bukan PPS namanya tapi OPT (Orientasi Perguruan Tinggi). panitianya pun sama galaknya, malah lebih galak. nonstop 24 jam selama 3 hari acaranya. semoga sesuatu yang berkesan yang didapat bisa untuk menambah motivasinya…

  5. kalau diliat-liat pasti seru dah……
    pasti semua itu jadi kenangan yang tak bisa dilupakan, bener nggak ka ?

  6. wah rame g aspek ya ka

  7. rame ya? jadi inget masa2 skolah dulu..di acara kyk gitu, nyanyi lagu “I don’t want to talk about it” diaransemen dangdut oleh teman-teman ku…

  8. huhuhu… ku pikir tadi aku yg pertamax..hehee

  9. siapa kaka paling galak fris…???🙂

  10. aku kga ada😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: