Welcome to Friska's Blog….

Tuwung Ceria… ^^,)

Sabtu, 19 Februari 2011.

Cuaca di kota cantik Palangka Raya sangat bersahabat. Sejak pagi sang surya dengan setianya menyinari seluruh lapisan kota dan juga daerah-daerah sekitar kota cantik itu.

Sementara itu nampak bus kampus terparkir di halaman depan kampus ku tercinta POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA dan juga terlihat beberapa mahasiswa sibuk mengangkut barang-barang ke dalam garasi bus. Pagi itu BEM POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA akan berangkat mengadakan bakti sosial berupa penyuluhan kesehatan di SDN 01 dan SDN 02 Tuwung, di desa Tuwung, kecamatan Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Penyuluhan kesehatan ini tentang 7 langkah cara cuci tangan, penyuluhan kesehatan gigi dan palpasi gondok.

7 langkah cuci tangan

Pukul 07.00 WIB rombongan berangkat ke desa Tuwung. Rombongan berjumlah sekitar 30 orang, yang terdiri dari Pengurus BEM, Mahasiswa perwakilan dari setiap jurusan dan kelas, serta 2 orang Dosen pembimbing. Rombongan berangkat dengan menggunakan bus kampus dan satu mobil. Rombongan tiba di desa Tuwung sekitar pukul 07.30. Perjalanan memang tidak memakan waktu lama, karena jarak antara Palangka Raya dan desa Tuwung tidaklah jauh.

Sesampainya di Tuwung, rombongan langsung melakukan persiapan untuk acara pembukaan. Setelah selesai acara pembukaan, rombongan yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok langsung melakukan penyuluhan bagi anak-anak SDN 01 dan SDN 02 Tuwung. Penyuluhan dibagi menjadi 2 season, season pertama penyampaian materi dan palpasi gondok di dalam ruangan dan season kedua praktek cuci tangan 7 langkah dan gosok gigi di halaman sekolah. Terlihat sekali antusias dari anak-anak tersebut dan juga guru-guru yang yang di sekolah itu. Terlebih lagi ketika dilemparkan pertanyaan tentang apa yang disampaikan dalam materi penyuluhan, anak-anak tersebut sangat antusias menjawabnya, karena bagi yang menjawab dengan benar diberikan hadiah.

Kegembiraan semakin nampak tersirat di wajah polos mereka  ketika kami memberikan bingkisan yang berupa makanan dan alat tulis kepada masing-masing mereka. Bingkisan yang kami berikan memang sederhana, tetapi itu sangat berarti dan itu pasti sangat mengesankan bagi mereka.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bakti sosial ini merupakan salah satu program kerja BEM POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA tahun 2010/2011. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap masyarakat sekitar kita khususnya kepedulian di bidang kesehatan. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berjalan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: